Panglima TNI: Seluruh Alutsista Ditampilkan dalam Rangka HUT TNI ke-72

0

Upacara HUT TNI ke-72 tahun ini yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten, Jawa Barat, akan menjadi “pesta” bagi rakyat Indonesia. Karena pada 5 Oktober 2017 nanti, TNI akan mengerahkan seluruh kekuatan alutsistanya dalam parade dan defile.

Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin Tactical Floor Game (TFG) HUT TNI ke-72 di Mabes TNI.

Alutsista yang akan dikerahkan meliputi tank Leopard 2Ri, helikopter AH-64 Apache, KRI Kelas Sigma, kapal selam KRI Nagapasa, dan pesawat tempur Su-27/30 Sukhoi.

Penampilan semua alutsista akan diaplikasikan dalam bentuk demonstrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan keterampilan prajurit.

Panglima menyampaikan bahwa upacara HUT Ke-72 TNI sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Presiden RI selaku Panglima Tertinggi dan seluruh masyarakat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI termasuk yang terbaru. Sehingga bangsa Indonesia dapat melihat secara langsung kekuatan TNI saat ini.

Logo HUT TNI ke-72 tahun 2017.

“Kegiatan TFG ini harus dipaparkan detail tentang tugas dan tanggung jawab semua prajurit dengan benar, yang terlibat pada pelaksanaan upacara HUT Ke-72 TNI agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar, tertib dan aman,” ujar Gatot.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI meminta kepada semua unsur yang terlibat untuk menyimak dan memberikan saran masukan pada pelaksanaan TFG agar lebih sempurna. Sehingga bisa terlaksana dengan waktu yang sudah direncanakan karena perhitungan waktu ini sangat penting.

“Anggap kita melakukan suatu operasi, kalau terlambat satu detik saja berarti kehancuran. Saya minta waktunya benar-benar dihitung, karena faktor keamanan merupakan prioritas utama,” tegasnya.

Dalam rangkaian HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 akan diselenggarakan Bakti Sosial Kesehatan pada 22 sampai 24 September 2017 di Pulau Panjang, Pulau Tunda, dan Ujung Kulon.

Kegiatan yang dilakukan di antaranya Pengobatan Umum, Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Pelayanan KB/Kebidanan, Sunatan Massal, Pelayanan Gigi, Donor Darah, Pemberian Alat Bantu Dengar, Kaca Mata Plus Minus dan Kursi Roda, termasuk kegiatan sosial lainnya seperti Bazar dan pembagian sembako.

Seangkan puncak pelaksanaan Baksos Kesehatan akan dipusatkan di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon Banten pada 28 September 2017.

Disamping itu, TNI juga menghadirkan 1.000 siswa/i berprestasi dari seluruh wilayah tanah air, khususnya pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan serta melaksanakan ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta, Presiden RI ke-1 Ir. Soekarno di Blitar, Presiden RI ke-2 Soeharto di Solo, dan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid di Jombang.

TNI juga akan melakukan ziarah ke TMP Seroja di Dili dan Baucau Timor Leste serta tabur bunga di Selat Sunda.

Kegiatan lainnya yaitu Lomba Piala Panglima TNI, Kerjurnas Karate, Wayang NKRI, Lomba Foto dan Karya Tulis Jurnalistik, Festival Film Nasional, Lomba Dayung dan Renang 1.000 meter, Lomba Para Motor dan Aeromodelling, Lomba MTQ, MHQ dan Hadro serta Lomba Lagu Rohani dan Perjuangan.

Puncak HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 diisi pula dengan berbagai kegiatan.

Di antaranya Parade Pasukan dan Alutsista TNI, Sosiodrama Sejarah Perjuangan Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman, Demo Pencak Silat Gabungan, Halang Rintang Laut dan Terjun Free Fall, Terjun Statik Laut, Demo Tempur Latihan Gabungan TNI, Sailing Pass, Jupiter Aerobatic Team, Flying Pass dan diakhiri Defile Pasukan dan Alutsista TNI.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.