Siang Ini, Dua Hercules Lagi Diberangkatkan Menuju Bangladesh

0

Dua pesawat angkut milik TNI AU yaitu C-130 Hercules dengan registrasi A-1316 dan A-1319, saat ini sudah kembali berada di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Kedua pesawat sudah menyelesaikan misi pertamanya mengirim bantuan pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rohingnya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar.

Keberangkatan empat Hercules ke Bangladesh berubah dari rencana awal, dikarenakan padatnya lalu lintas di Chittagong. Rencana semula akan diberangkatkan empat pesawat, namun Bangladesh baru mengizinkan dua pesawat saja.

Baca Flight Clearance Belum Tuntas, Bangladesh Baru Izinkan Dua Hercules Mendarat di Chittagong

Sebelumnya, Kamis (14/9/2017), Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh, Kolonel Pnb Suliono melepas keberangkatan A-1316 dan A-1319 asal Skadron Udara 31 di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Hercules A-1316 berangkat pertama dengan membawa tenda pengungsian dan selimut yang berbobot 7 ton. Selang waktu 2,5 jam disusul A-1319 dengan membawa 10 ton beras.

Seperti diberitakan sebelumnya, TNI AU mengerahkan empat pesawat Hercules untuk membawa bantuan bagi pengungsi Rohingnya yang berada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar. Pesawat dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dari Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Rabu (13/9/2017).

Mengutip pernyataan Kadisopslatau Marsma TNI Nanang Santoso selaku Dansatgas Civic Mission Indonesia, Danlanud Sultan Iskandar Muda menyampaikan keterbatasan area parkir pesawat di Chittagong menjadikan hanya dua Hercules yang dapat terbang mengantar bantuan kemanusiaan.

Baca Pagi Ini, 4 Hercules TNI AU Bawa 34 Ton Bantuan untuk Rohingnya

Maka siang ini, selepas shalat Jumat (15/9/2017), dua Hercules lainnya yaitu A-1335 dan A-1316 asal Skadron Udara 32 akan diberangkatkan dari Lanud Sultan Iskandar Muda menuju Bangladesh.

Kedua pesawat yang masing-masing membawa bantuan seberat 7 ton, akan membawa bantuan ke Chittagong di Bangladesh.

Minggu depan kembali akan diberangkatkan misi kedua mengantarkan bantuan pemerintah Indonesia. Total bantuan mencapai lebih 100 ton.

“Doain kami ya mas,” ujar Letkol Pnb Suryo Anggoro yang menerbangkan A-1335 melalui pesan singkat WA.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.