Jawa Semakin Sempit, Kemhan Berencana Pindahkan Pabrik Alutsista ke Lampung

0

Kementerian Pertahanan RI berencana memindahkan tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS) yakni PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, dan PT PAL Indonesia ke wilayah Provinsi Lampung.

Rencana pemindahan perusahaan industri pertahanan itu ditindaklanjuti dengan peninjauan oleh Menhan Ryamizard Ryacudu ke Kabupaten Tanggamus, Lampung, beberapa waktu lalu (24/8/2017).

Dalam kunjungannya, Menhan didampingi Direktur Utama PT DI Budi Santoso, Dirut PT Pindad Abraham Mose, Dirut PT PAL Indonesia Budiman Saleh. Wilayah Tanggamus menjadi salah satu tempat yang dipertimbangkan Kemhan sebagai tempat relokasi.

Peninjauan dilakukan melalui udara menggunakan helikopter TNI AD.

Menhan juga bertemu dan bertatap muka dengan Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, jajaran pejabat Muspida, tokoh adat dan masyarakat Tanggamus.

Menurut Menhan, pertimbangan pemindahan industri pertahanan ke luar Pulau Jawa karena saat ini kondisi di Pulau Jawa sudah sangat padat penduduk, sehingga tidak memungkinkan lagi dan tidak cocok sebagai sebuah tempat pembuatan produk-produk alat pertahanan.

“Karena di Pulau Jawa sudah penuh, tidak cocok lagi untuk membuat pabrik peralatan perang, karena bukan sekadar dibuat tapi dicoba,” kata Menhan.

Menhan menyebut seperti di Inggris dan Korea Selatan yang pernah dilihatnya, industri pertahanannya terletak jauh dari pusat kota.

Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu pilihan relokasi industri pertahanan. Untuk itu diharapkan semua masyarakat dapat mendukung agar rencana tersebut dapat terwujud.

 

Teks: beny adrian

 

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.