Dua Hercules TNI AU Disiapkan Bawa Bantuan untuk Rohingnya

0

Hari ini, Senin (11/9/2017), Lanud Abdurahman Saleh, Malang, memberangkatkan 2 pesawat C-130 Hercules A-1333 dan A-1315 dari Skadron Udara 32 ke Makassar.

Pesawat dikirim ke Lanud Hasanudin, Makasar untuk mengambil bantuan. Setelah itu terbang ke Lanud Halim Perdanakusuma untuk mengantarkan bantuan yang selanjutnya akan diterbangkan ke Myanmar menggunakan Hercules dari Skadron Udara 31.

Hercules A-1333 dipiloti oleh Letkol Pnb Subhan dan didukung oleh 13 kru. Sedangkan A-1315 diterbangkan oleh Mayor Pnb Ari dibantu 13 kru juga.

Pesawat Hercules TNI AU dikirim ke Myanmar untuk membawa bantuan Pemerintah Indonesia. PBB mencatat 164.000 pengungsi Rohingya telah tiba di Bangladesh. Mereka bergabung ribuan pengungsi Rohingya lainnya yang telah mengungsi lebih dahulu.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo didampingi Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto. Foto: Pen Lanud Hasanuddin.

Indonesia berupaya mengambil peran aktif untuk menghentikan penderitaan Rohingya. Menlu RI Retno Marsudi telah menemui langsung Aung San Suu Kyi di Naypyitaw untuk meminta Myanmar menghentikan kekerasan terhadap Rohingya.

Selain bantuan berupa materi, Indonesia juga membangun sekolah di Rakhine. Menurut rencana, Indonesia melalui UNHCR akan membantu membangun rumah sakit untuk pengungsi Rohingnya.

Menurut informasi pesawat Hercules akan membawa bantuan obat-obatan, pakaian, makanan, air bersih, dan perlengkapan tenda serta kebutuhan sehari hari.

Misi Kemanusian ini menurut informasi akan berlangsung selama satu minggu. Diperkirakan bantuan yang dibawa Indonesia bisa melalui Bangladesh atau Myanmar apabila sudah diberikan lampu hijau.

Setibanya di Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo atas nama masyarakat Sulawesi Selatan, menyerahkan bantuan kemanusiaan Rohingya berupa 20 ton beras di Lanud Sultan Hasanuddin. Hadir dalam acara tersebut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto.

Bantuan diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan dan yang diterima Komandan Lanud Sultan Hasnuddin untuk selanjutnya dikirim ke Jakarta.

Rencananya bantuan akan diterbangkan Hercules A-1335 dengan penerbang Mayor Pnb Yudhi Bandung dan A-1316 dengan penerbang Mayor Pnb Ari Susiono.

Presiden Joko Widodo direncanakan akan melepas keberangkatan rombongan pada hari Rabu (13/9/2017) pagi di Lanud Halim Perdanakusuma.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.