RiSing 50: KSAU Akan Onboard di Pesawat F-16

0

Ternyata tanggal 7 September menyimpan nilai khusus dalam hubungan antara Indonesia dan Singapura. Di tanggal inilah diresmikan 50 tahun yang lalu hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura.

Maka tahun ini, dalam rangka merayakan hubungan diplomatik di antara kedua negara, dilaksanakan serangkaian kegiatan seremoni baik di Singapura maupun di Indonesia. Antara lain interfaith dialog, dialog track 2 dan 1.5 forum bisnis serta berbagai kegiatan musik, fashion, dan fun run.

Maka di hari puncak peringatan 50 tahun ini, TNI AU pun mendapat kehormatan untuk melaksanakan combined flypast menggunakan pesawat tempur kedua negara.

Untuk keseragaman, kedua negara menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon yang dioperasikan oleh TNI AU dan RSAF (Republic of Singapore Air Force). Setiap negara mengirimkan 11 pesawat F-16 untuk melaksanakan formasi ini.

Formasi bersama akan dilaksanakan pada 7 September di atas Marina Bay, Singapura.

Dalam formasi bersama yang disaksikan Presiden Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong di Marina Bay, Singapura itu, F-16 kedua negara akan membuat formasi angka 50 menandakan hubungan kedua negara yang sudah mencapai 50 tahun.

Dalam penerbangan bersama ini, F-16 TNI AU akan menggunakan callsign Garuda, sementara F-16 Singapura pakai callsign Singa.

Nah, untuk memastikan kegiatan hari Rabu berjalan dengan lancar dan aman, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pun mengecek kesiapan pesawat dan kru di Lanud Roesmin Noerjadin, Pekanbaru.

KSAU yang baru kembali pada hari Senin dari tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, Selasa  pagi (5/9/2017) langsung terbang ke Pekanbaru. Dalam kunjungannya ini, Hadi meninjau kesiapan awak dan pesawat yang akan melaksanakan ceremony flight.

Dalam acara nantinya KSAU akan onboard di pesawat F-16 TNI AU.  Sementara KSAU RSAF Mayjen Mervyn Tan Wei Ming di pesawat F-16 Singapura.

Hari Selasa kemarin, setelah mendapat penjelasan dari Komandan Lanud Roesmin Noerjadin Marsma TNI Age Wiraksono, Hadi pun melaksanakan helmet and Gsuit fitting yang akan dipakai saat terbang formasi.

Ketika mylesat.com menanyakan perasaan KSAU yang akan onboard di pesawat F-16, Hadi mengaku senang. Hadi juga mengaku nyaman dengan g-suit yang tengah dicobanya.

Hari ini, Rabu (6/9/2017), KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto direncanakan melaksanakan dua sorti familiarisasi dengan pesawat F-16 dengan lama penerbangan sekitar satu jam lebih.

KSAU akan terbang menyusuri Pekanbaru area, Padang, dan Danau Toba.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.