Familiarisasi KSAU dengan F-16 Berjalan Lancar Jelang Rising 50

0

Setelah terbang 1 jam 50 menit, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendarat dengan pesawat F-16C/D Fighting Falcon TS-1623 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, siang ini Rabu (6/9/2017) pukul 12.30 Wib.

Pesawat diterbangkan oleh Letkol Pnb Made Yoga Ambara (AAU 90), Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

Terlihat sekali KSAU begitu menikmati penerbangan yang dijalaninya. Hadi pun turun dari pesawat dengan senyum merekah dan langsung mengucapkan terima kasih kepada Letkol Yoga.

Baca RiSing 50: KSAU Akan Onboard di Pesawat F-16

“Yang terbang komandan skadron, enak sekali, cuma dikasih 2G (gravitasi),” ujar Hadi tertawa sambil melepaskan baju terbang. “Terbangnya enak sekali, enak,” aku Hadi.

Dalam penerbang familiarisasi siang ini, TS-1623 membawa KSAU terbang ke Padang, Medan, dan kembali ke Pekanbaru.

Saat melintasi Kota Medan, pesawat melakukan tiga kali low past di atas Lanud Soewondo, Medan. “Passing terakhir 500 feet, surprise juga karena dari bawah anggota Lanud memberikan ucapan selamat,” tutur KSAU kepada mylesat.com saat menjalani preflight medical check up.

Hadi mengaku surprise karena anggota Lanud Soewondo membuat formasi manusia membentuk tulisan TNI AU, yang terlihat jelas dari atas. Karena itu, Hadi pun memberikan ucapan selamat secara langsung kepada anggota Lanud Soewondo di bawah yang disiarkan melalui pengeras suara.

Menurut Letkol Yoga, KSAU sempat memegang handle kendali pesawat beberapa saat selama penerbangan.

Penerbangan siang ini adalah dalam rangka familiarisasi Marsekal Hadi dengan pesawat F-16. Direncanakan besok pagi, Kamis (7/9/2017), KSAU akan kembali terbang dengan F-16 untuk mengikuti combined flypast dengan F-16 milik AU Singapura.

Formasi gabungan ini akan membentuk angka 50, yang menandakan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura. Formasi gabungan ini akan disaksikan Presiden Joko Widodo di Marina Bay, Singapura.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply